Saturday 20 July 2013

CONTOH DAFTAR ISI SKRIPSI


DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS .......................................
HALAMAN PERSETUJUAN ..............................................................................
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................
LEMBAR PERSEMBAHAN ................................................................................
DAFTAR TABEL ..................................................................................................
KATA PENGANTAR............................................................................................
INTISARI ................................................................................................................
ABSTRACT ............................................................................................................
DAFTAR ISI............................................................................................................
DAFTAR TABEL...................................................................................................
DAFTAR GAMBAR .............................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN...........................................................................................
BAB I   PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.............................................................................. .........
B. Rumusan Masalah...................................................................................
C. Tujuan Masalah.......................................................................................
D. Manfaat Penelitian..................................................................................
BAB II  LANDASAN TEORI
A. Prestasi Belajar ............................................................................. .........
1. Pengertian Prestasi Belajar .......................................................
2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar ................
3. Indikator Prestasi Belajar .........................................................
B. Pemanfaatan Internet ................................................................... .........
1. Pengertian Pemanfaatan Internet .............................................
2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Internet ......
3. Indikator Pemanfaatan Internet ...............................................
C. Pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar siswa.............
BAB III KERANGKA KONSEP, DEFINISI OPERASIONAL DAN
               HIPOTESIS                                                        
A. Kerangka Konseptual ...........................................................................
B. Definisi Operasional ..............................................................................
C. Hipotesis ...............................................................................................  
BAB IV METODOLOGI PENELITIAN
A. Jenis dan Rancangan Penelitian.................................................. .........
B. Variabel Penelitian .....................................................................
C. Populasi, Teknik Sampling dan Sampel ...............................................
D. Instrumen Penelitian ............................................................................
E. Tehnik Pengumpulan Data ...................................................................  
F. Pengolahan dan Analisis Data ..............................................................
G. Lokasi dan Waktu Penelitian .....................................................
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian .....................................................................................
     1. Variabel Penggunaan Internet .................................................
     2. Variabel Prestasi Belajar .........................................
    3. Hasil Uji Prasyarat Analisis ......................................................
    4. Hasil Uji Hipotesis ...................................................................
B. Pembahasan ...........................................................................................
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan...........................................................................................
B. Saran.....................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS .......................................
HALAMAN PERSETUJUAN ..............................................................................
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................
LEMBAR PERSEMBAHAN ................................................................................
DAFTAR TABEL ..................................................................................................
KATA PENGANTAR............................................................................................
INTISARI ................................................................................................................
ABSTRACT ............................................................................................................
DAFTAR ISI............................................................................................................
DAFTAR TABEL...................................................................................................
DAFTAR GAMBAR .............................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN...........................................................................................
BAB I   PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.............................................................................. .........
B. Rumusan Masalah...................................................................................
C. Tujuan Masalah.......................................................................................
D. Manfaat Penelitian..................................................................................
BAB II  LANDASAN TEORI
A. Prestasi Belajar ............................................................................. .........
1. Pengertian Prestasi Belajar .......................................................
2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar ................
3. Indikator Prestasi Belajar .........................................................
B. Pemanfaatan Internet ................................................................... .........
1. Pengertian Pemanfaatan Internet .............................................
2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Internet ......
3. Indikator Pemanfaatan Internet ...............................................
C. Pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar siswa.............
BAB III KERANGKA KONSEP, DEFINISI OPERASIONAL DAN
               HIPOTESIS                                                        
A. Kerangka Konseptual ...........................................................................
B. Definisi Operasional ..............................................................................
C. Hipotesis ...............................................................................................  
BAB IV METODOLOGI PENELITIAN
A. Jenis dan Rancangan Penelitian.................................................. .........
B. Variabel Penelitian .....................................................................
C. Populasi, Teknik Sampling dan Sampel ...............................................
D. Instrumen Penelitian ............................................................................
E. Tehnik Pengumpulan Data ...................................................................  
F. Pengolahan dan Analisis Data ..............................................................
G. Lokasi dan Waktu Penelitian .....................................................
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian .....................................................................................
     1. Variabel Penggunaan Internet .................................................
     2. Variabel Prestasi Belajar .........................................
    3. Hasil Uji Prasyarat Analisis ......................................................
    4. Hasil Uji Hipotesis ...................................................................
B. Pembahasan ...........................................................................................
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan...........................................................................................
B. Saran.....................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Sunday 14 July 2013

OBJEK WISATA SITU GEDE TASIKMALAYA

Hai sisters and brother... Apa kabar?
Kali ini saya ingin berbagi foto pada saat di Situ Gede Tasikmalaya. Tempatnya sejuk sekali, enak kalo berwisata bersama pacar atau keluarga. Untuk dijadikan objek foto juga bagus kok.

Hai sisters and brother... Apa kabar?
Kali ini saya ingin berbagi foto pada saat di Situ Gede Tasikmalaya. Tempatnya sejuk sekali, enak kalo berwisata bersama pacar atau keluarga. Untuk dijadikan objek foto juga bagus kok.

PROPOSAL PENELITIAN


BAB I   PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.............................................................................. .........
B. Rumusan Masalah...................................................................................
C. Tujuan Masalah.......................................................................................
D. Manfaat Penelitian..................................................................................
BAB II  LANDASAN TEORI
A. Hasil Belajar ................................................................................. .........
B. Sikap Peserta Didik dalam Metode Resitasi ................................ .........
C. Kesehatan Reproduksi............................................................................
D. Pengaruh sikap peserta didik dalam metode resitasi terhadap hasil
belajar .....................................................................................................
BAB III KERANGKA KONSEP, DEFINISI OPERASIONAL DAN
               HIPOTESIS                                                        
A. Kerangka Konseptual ...........................................................................
B. Definisi Operasional ..............................................................................
C. Hipotesis ...............................................................................................  
BAB IV PEMBAHASAN
A. Jenis dan Rancangan Penelitian.................................................. .........
B. Variabel Penelitian .....................................................................
C. Populasi, Teknik Sampling dan Sampel ...............................................
D. Instrumen Penelitian ............................................................................
E. Tehnik Pengumpulan Data ...................................................................  
F. Pengolahan dan Analisis Data ..............................................................
G. Lokasi dan Waktu Penelitian .....................................................

BAB I   PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.............................................................................. .........
B. Rumusan Masalah...................................................................................
C. Tujuan Masalah.......................................................................................
D. Manfaat Penelitian..................................................................................
BAB II  LANDASAN TEORI
A. Hasil Belajar ................................................................................. .........
B. Sikap Peserta Didik dalam Metode Resitasi ................................ .........
C. Kesehatan Reproduksi............................................................................
D. Pengaruh sikap peserta didik dalam metode resitasi terhadap hasil
belajar .....................................................................................................
BAB III KERANGKA KONSEP, DEFINISI OPERASIONAL DAN
               HIPOTESIS                                                        
A. Kerangka Konseptual ...........................................................................
B. Definisi Operasional ..............................................................................
C. Hipotesis ...............................................................................................  
BAB IV PEMBAHASAN
A. Jenis dan Rancangan Penelitian.................................................. .........
B. Variabel Penelitian .....................................................................
C. Populasi, Teknik Sampling dan Sampel ...............................................
D. Instrumen Penelitian ............................................................................
E. Tehnik Pengumpulan Data ...................................................................  
F. Pengolahan dan Analisis Data ..............................................................
G. Lokasi dan Waktu Penelitian .....................................................

Wednesday 3 July 2013

MICRO TEACHING D-IV BIDAN PENDIDIK


RANCANGAN MICRO TEACHING
PRAKTEK KDPK

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas “Micro Teaching
Program Studi DIV Bidan Pendidik


Disusun Oleh :
NURUL DINI
MA 45440412103

PROGRAM STUDI D IV BIDAN PENDIDIK
POLTEKES BHAKTI PERTIWI HUSADA CIREBON
2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEORI (RPP/SAP)

1.    Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah                                   : Ketrampilan Dasar Praktik Klinik
Kode                                              : Bd. 208
Beban Jumlah SKS                                    : 3 SKS (T:1,P:2)
Penempatan                                    : Semester 1
Prasyarat                                         : -
Dosen                                             : Nurul Dini, Am.Keb
2.    Tujuan Mata Kuliah                       :
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat menerapkan keterampilan dasar praktik klinik dalam kegiatan asuhan kebidanan dan dalam kegiatan kelompok untuk membantu perilaku profesional dalam berkarya dan memberikan praktik yang baik di pelayanan kebidanan baik kepada individu, keluarga maupun masyarakat.
3.    Standar Kompetensi                       :
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan pengambilan sampel feses.
4.    Materi Pokok
-       Persiapan dan pengambilan specimen feses
5.    Pertemuan Ke                                 : 18

6.      Matrik SAP                               :

Pokok Bahasan

TIU

TIK
Aspek Kompetensi

Waktu (menit)

Metode

Media

Evaluasi

Sumber rujukan
K
A
Persiapan pengambilan specimen feses

Menjelaskan persiapan dan pengambilan specimen feses
Mahasiswa mampu menjelaskan :
a.    Pengertian pemeriksaan feses
b.    Tujuan pemeriksaan feses
c.    Indikasi pemeriksaan feses
d.   Syarat pengumpulan feses
e.    Waktu pengambilan feses
f.     Alat-alat yang digunakan dalam pengambilan feses
g.    Cara kerja pengambilan feses
h.    Jenis pemeriksaan feses
i.      Analisis pemeriksaan feses

K1

15 menit
Ceramah, diskusi, dan role play
Hand out, LCD, laptop.
Kuis, Tanya jawab
Johnson R. Taylor W.2000. Skill For Midwifery Practice.
(Sec 4, 5, 9, 11)
Smith S. Dueell D. 1985. Clinical Nursing Skill
(Chap 6, 7, 8, 9, 10, 14, 19, 20, 24, 25)
Varney.1997. Varney’s Midwifery


7.    Langkah Pembelajaran       :
LANGKAH
KEGIATAN DOSEN
WAKTU (MENIT)
Pendahuluan

a.   Memberi salam
b.  Memperkenalkan diri
c.   Kontrak waktu
d.  Tujuan yang akan disampaikan :
a)    Pengertian pemeriksaan feses
b)   Tujuan pemeriksaan feses
c)    Indikasi pemeriksaan feses
d)   Syarat pengumpulan feses
e)    Waktu pengambilan feses
f)    Alat-alat yang digunakan dalam pengambilan feses
g)   Cara kerja pengambilan feses
h)   Jenis pemeriksaan feses
i)     Analisis pemeriksaan feses
e.   Apersepsi

2 Menit
Kegiatan Inti

1.      Menjelaskan persiapan dan pengambilan specimen feses
2.      Memberikan kesempatan untuk bertanya kepada mahasiswa
3.      Melakukan evaluasi secara lisan dengan memberikan  pertanyaan kepada mahasiswa

10 menit
Penutup

a.   Menyimpulkan materi kuliah bersama-sama dengan mahasiswa
b.   Merencanakan pertemuan yang akan datang
c.   Menutup pertemuan dengan salam

3 menit


8.    Bahan Ajar/Hand Out        : terlampir


Mengetahui,
Ka. Prodi                                                                                          Tenaga Pendidik

                                                                                                                   Nurul Dini, Am.Keb





JOB SHEET

NAMA PERASAT   : PENGAMBILAN SAMPEL FESES
UNIT                          : KDPK
REFERENSI             Kusmiyati,Yuni. 2007. Keterampilan Dasar Praktek Klinik    Kebidanan.       Jakarta: Fitramaya.
 
OBYEKTIF PERILAKU MAHASISWA
Mahasiswa dapat:
1.      Menyiapkan alat untuk pengambilan sampel feses sesuai dengan pedoman yang telah  diberikan.
2.       Melakukan pengambilan sampel feses sesuai dengan prosedur yang ada pada job sheet.

PETUNJUK
1.      Baca dan pelajari lembar kerja.
2.      Siapkan alt-alat yang dibutuhlan dan susun sevara ergonomis.
3.      Ikuti petunjuk yang ada pada job sheet.
4.      Bekerja secara hati-hati dan teliti.

KESELAMATAN KERJA
1.        Patuhi prosedur pekerjaan
2.        Perhatikan tempat harus bersih, kedap, bebas dari urine, diperiksa 30 – 40 menit sejak dikeluarkan. Bila pemeriksaan ditunda simpan pada almari es.
3.        Pastikan pasien tidak menelan  Barium, Bismuth, dan Minyak dalam 5 hari sebelum pemeriksaan.
4.        Perhatikan kondisi alat sebelum bekerja untuk menilai kelayakan penggunaannya.
5.        Letakkan peralatan pada tempat yang terjangkau dan sistematis oleh petugas.
6.        Penderita diharuskan buang air kecil lebih dulu karena tidak boleh tercemar urine
7.        Instruksikan penderita untuk BAB langsung ke dalam pot tinja ( kira" 5 g )
8.        Tutup pot dengan rapat
9.        Berikan label berisi tanggal pemeriksaan, nama pasien dan jenis specimen


PERALATAN DAN PERLENGKAPAN
1.      Sarung tangan
2.      Vasseline/gel pelicin
3.      Lidi kapas steril
4.      Pot tinja
5.      Bengkok
6.      Perlak pengalas
7.      Tissue
8.      Tempat bahan pemeriksaan
9.      Sampiran

No
Langkah
Ilustrasi
SIKAP DAN PERILAKU

1.       
Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri
Keypoint : Perkenalan  diri berguna untuk lebih mengakrabkan diri
2.       
Menyambut Keluarga klien dengan ramah
Keypoint : Sikap ramah akan membuat klien nyaman
CONTENT/ ISI

3.       
Memberitahu dan menjelaskan kepada pasien tindakan yang akan dilakukan
Keypoint : Penjelasan diperlukan agar klien memahami tindakan apa yang akan kita lakukan  sehingga tidak terjadi salah paham
4.       
Menyiapkan peralatan : handscoon bersih, gel pelican, botol specimen, lidi kapas, bengkok, perlak pengalas, tissue, tempat bahan pemeriksaan
Keypoint : Peralatan yang disediakan disusun secara ergonomis, agar mudah dalam menggunakan peralatan tersebut
5.       
Menjaga privasi pasien
Keypoint : Dilakukan dengan memasang sampiran, menutup pintu atau jendela
6.       
Mengatur posisi pasien (dorsal recumbent)
Keypoint : Posisi klien berbaring dengan posisi kaki ditekuk seperti hendak bersalin

7.       
Memakai handscoon
Keypoint : Pemakaian handscoon berguna untuk perlindungan diri bagi petugas kesehatan

Pengambilan specimen feses pada pasien yang tidak dapat beraktifitas

8.       
Telunjuk diberi gel pelican lalu dimasukkan ke dalam anus dengan arah ke atas kemudian diputar ke kiri dank e kanan sampai teraba tinja
Keypoint : Perhatikan ekspresi klien, jika klien merintih atau meringis, lakukan dengan lebih lembut dan pelan-pelan

9.       
Setelah dapat, dikeluarkan perlahan-lahan lalu dimasukkan ke dalam tempatnya
Keypoint : Feses yang dikeluarkan jangan sampai tercecer atau terkena zat lain seperti urine

Pengambilan specimen feses pada pasien yang dapat beraktifitas

10.   
Memberitahu  pasien untuk mengambil tinja dengan lidi kapas dan memasukkan ke tempat yang telah disediakan, jangan sampai tinja tercampur dengan air
Keypoint : Klien diminta untuk mengambil tinja sesuai dengan yang dibutuhkan dan tidak tercampur zat lain seperti urine
11.   
Bersihkan anus dengan kapas lembab dan keringkan dengan tissue
Keypoint : Setelah cebok, anus dibersihkan dengan kapas lembab dan tissue yang sudah disediakan
12.   
Rapikan pasien kembali
Keypoint : Memakaikan kembali pakaian dalam dan pakaian bawah seperti semula
13.   
Memberikan etiket yang jelas dan mengisi formulir pengiriman untuk segera dikirim ke laboratorium
Keypoint : Berisi nama, usia, jenis sampel, tanggal dan jam  serta jenis pemeriksaan
14.   
Membereskan alat
Keypoint : Alat bekas pakai dibuang ke tempat sampah yang sudah disediakan, alat-alat yang sudah terkontaminasi lalu di dekontaminasi.
15.   
Cuci tangan dalam larutan chlori 0,5 %, melepas handscoon secara terbalik
Keypoint : Melepas handscoon secara terbalik berguna agar kotoran tidak menempel ke tangan petugas kesehatan
16.   
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan dikeringkan dengan handuk bersih
Keypoint : Melindungi tangan petugas kesehatan dari kuman dan kotoran yang mungkin menempel
17.   
Melakukan dokumentasi tindakan yang telah dilakukan
Keypoint : Sebagai rahasia medik untuk  pertangggungjawaban kepada klien dan instansi
KONSELING PASCA TINDAKAN

18.   
Menjelaskan bahwa tindakan pengambilan feses sudah dilakukan
Keypoint : Agar ibu mengetahui bahwa tindakan sudah selesai dilakukan
19.   
Menjelaskan umpan balik hasil pemeriksaan dari laboratorium yang ditunjuk
Keypoint : Membacakan hasil pemeriksaan feses dari laboratorium  yang sudah ditunjuk
20.   
Mengucapkan salam dan terima kasih

TOTAL NILAI







CECKLIST / DAFTAR TILIK
PENGAMBILAN SPESIMEN FESES/ TINJA

Nama Mahasiswa      : ……………………………
Tanggal Ujian            : ……………………………
Tempat                       : ……………………………
Waktu Ujian              : ……………………………WIB
NO
LANGKAH
NILAI
1
2
3
SIKAP DAN PERILAKU



1.       
Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri



2.       
Menyambut Keluarga klien dengan ramah



CONTENT/ ISI



3.       
Memberitahu dan menjelaskan kepada pasien tindakan yang akan dilakukan



4.       
Menyiapkan peralatan : handscoon bersih, gel pelicin, botol specimen, lidi kapas, bengkok, perlak pengalas, tissue, tempat bahan pemeriksaan



5.       
Menjaga privasi pasien



6.       
Mengatur posisi pasien (dorsal recumbent)



7.       
Memakai handscoon




Pengambilan specimen feses pada pasien yang tidak dapat beraktifitas



8.       
Telunjuk diberi gel pelican lalu dimasukkan ke dalam anus dengan arah ke atas kemudian diputar ke kiri dank e kanan sampai teraba tinja



9.       
Setelah dapat, dikeluarkan perlahan-lahan lalu dimasukkan ke dalam tempatnya




Pengambilan specimen feses pada pasien yang dapat beraktifitas



10.   
Memberitahu  pasien untuk mengambil tinja dengan lidi kapas dan memasukkan ke tempat yang telah disediakan, jangan sampai tinja tercampur dengan air



11.   
Bersihkan anus dengan kapas lembab dan keringkan dengan tissue



12.   
Rapikan pasien kembali



13.   
Memberikan etiket yang jelas dan mengisi formulir pengiriman untuk segera dikirim ke laboratorium



14.   
Membereskan alat



15.   
Cuci tangan dalam larutan chlori 0,5 %, melepas handscoon ssecara terbalik



16.   
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan dikeringkan dengan handuk bersih



17.   
Melakukan dokumentasi tindakan yang telah dilakukan



KONSELING PASCA TINDAKAN



18.   
Menjelaskan bahwa tindakan pengambilan feses sudah dilakukan



19.   
Menjelaskan umpan balik hasil pemeriksaan dari laboratorium yang ditunjuk



20.   
Mengucapkan salam dan terima kasih



TOTAL NILAI


Petunjuk :
Ada 20 langkah yang merupakan kriteria penilaian pengambilan sampel feses
Peserta dievaluasi kompetensinya secara obyektif, denga kriteria:
0 : belum  kompeten : dila ada 1/lebih langkah tidak dikerjakan/ dikerjakan tetapi tidak  benar
1 : Kompeten : bila seluruh langkah dikerjakan sesuai kriteria
Catatan diberikan sebagai umpan balik bagi para peserta uji tentang letak kesalahannya.
Nilai batas lulus : 68 (B).
Catatan :
1 ...............................................................................................................................
2 ...............................................................................................................................
3 ...............................................................................................................................

                                                                                                                        Cirebon, ....... April 2013
                   Mahasiswa                                                                                                   Penguji
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
            (                                   )                                                                          (                                     )







RANCANGAN MICRO TEACHING
PRAKTEK KDPK

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas “Micro Teaching
Program Studi DIV Bidan Pendidik


Disusun Oleh :
NURUL DINI
MA 45440412103

PROGRAM STUDI D IV BIDAN PENDIDIK
POLTEKES BHAKTI PERTIWI HUSADA CIREBON
2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEORI (RPP/SAP)

1.    Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah                                   : Ketrampilan Dasar Praktik Klinik
Kode                                              : Bd. 208
Beban Jumlah SKS                                    : 3 SKS (T:1,P:2)
Penempatan                                    : Semester 1
Prasyarat                                         : -
Dosen                                             : Nurul Dini, Am.Keb
2.    Tujuan Mata Kuliah                       :
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat menerapkan keterampilan dasar praktik klinik dalam kegiatan asuhan kebidanan dan dalam kegiatan kelompok untuk membantu perilaku profesional dalam berkarya dan memberikan praktik yang baik di pelayanan kebidanan baik kepada individu, keluarga maupun masyarakat.
3.    Standar Kompetensi                       :
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan pengambilan sampel feses.
4.    Materi Pokok
-       Persiapan dan pengambilan specimen feses
5.    Pertemuan Ke                                 : 18

6.      Matrik SAP                               :

Pokok Bahasan

TIU

TIK
Aspek Kompetensi

Waktu (menit)

Metode

Media

Evaluasi

Sumber rujukan
K
A
Persiapan pengambilan specimen feses

Menjelaskan persiapan dan pengambilan specimen feses
Mahasiswa mampu menjelaskan :
a.    Pengertian pemeriksaan feses
b.    Tujuan pemeriksaan feses
c.    Indikasi pemeriksaan feses
d.   Syarat pengumpulan feses
e.    Waktu pengambilan feses
f.     Alat-alat yang digunakan dalam pengambilan feses
g.    Cara kerja pengambilan feses
h.    Jenis pemeriksaan feses
i.      Analisis pemeriksaan feses

K1

15 menit
Ceramah, diskusi, dan role play
Hand out, LCD, laptop.
Kuis, Tanya jawab
Johnson R. Taylor W.2000. Skill For Midwifery Practice.
(Sec 4, 5, 9, 11)
Smith S. Dueell D. 1985. Clinical Nursing Skill
(Chap 6, 7, 8, 9, 10, 14, 19, 20, 24, 25)
Varney.1997. Varney’s Midwifery


7.    Langkah Pembelajaran       :
LANGKAH
KEGIATAN DOSEN
WAKTU (MENIT)
Pendahuluan

a.   Memberi salam
b.  Memperkenalkan diri
c.   Kontrak waktu
d.  Tujuan yang akan disampaikan :
a)    Pengertian pemeriksaan feses
b)   Tujuan pemeriksaan feses
c)    Indikasi pemeriksaan feses
d)   Syarat pengumpulan feses
e)    Waktu pengambilan feses
f)    Alat-alat yang digunakan dalam pengambilan feses
g)   Cara kerja pengambilan feses
h)   Jenis pemeriksaan feses
i)     Analisis pemeriksaan feses
e.   Apersepsi

2 Menit
Kegiatan Inti

1.      Menjelaskan persiapan dan pengambilan specimen feses
2.      Memberikan kesempatan untuk bertanya kepada mahasiswa
3.      Melakukan evaluasi secara lisan dengan memberikan  pertanyaan kepada mahasiswa

10 menit
Penutup

a.   Menyimpulkan materi kuliah bersama-sama dengan mahasiswa
b.   Merencanakan pertemuan yang akan datang
c.   Menutup pertemuan dengan salam

3 menit


8.    Bahan Ajar/Hand Out        : terlampir


Mengetahui,
Ka. Prodi                                                                                          Tenaga Pendidik

                                                                                                                   Nurul Dini, Am.Keb





JOB SHEET

NAMA PERASAT   : PENGAMBILAN SAMPEL FESES
UNIT                          : KDPK
REFERENSI             Kusmiyati,Yuni. 2007. Keterampilan Dasar Praktek Klinik    Kebidanan.       Jakarta: Fitramaya.
 
OBYEKTIF PERILAKU MAHASISWA
Mahasiswa dapat:
1.      Menyiapkan alat untuk pengambilan sampel feses sesuai dengan pedoman yang telah  diberikan.
2.       Melakukan pengambilan sampel feses sesuai dengan prosedur yang ada pada job sheet.

PETUNJUK
1.      Baca dan pelajari lembar kerja.
2.      Siapkan alt-alat yang dibutuhlan dan susun sevara ergonomis.
3.      Ikuti petunjuk yang ada pada job sheet.
4.      Bekerja secara hati-hati dan teliti.

KESELAMATAN KERJA
1.        Patuhi prosedur pekerjaan
2.        Perhatikan tempat harus bersih, kedap, bebas dari urine, diperiksa 30 – 40 menit sejak dikeluarkan. Bila pemeriksaan ditunda simpan pada almari es.
3.        Pastikan pasien tidak menelan  Barium, Bismuth, dan Minyak dalam 5 hari sebelum pemeriksaan.
4.        Perhatikan kondisi alat sebelum bekerja untuk menilai kelayakan penggunaannya.
5.        Letakkan peralatan pada tempat yang terjangkau dan sistematis oleh petugas.
6.        Penderita diharuskan buang air kecil lebih dulu karena tidak boleh tercemar urine
7.        Instruksikan penderita untuk BAB langsung ke dalam pot tinja ( kira" 5 g )
8.        Tutup pot dengan rapat
9.        Berikan label berisi tanggal pemeriksaan, nama pasien dan jenis specimen


PERALATAN DAN PERLENGKAPAN
1.      Sarung tangan
2.      Vasseline/gel pelicin
3.      Lidi kapas steril
4.      Pot tinja
5.      Bengkok
6.      Perlak pengalas
7.      Tissue
8.      Tempat bahan pemeriksaan
9.      Sampiran

No
Langkah
Ilustrasi
SIKAP DAN PERILAKU

1.       
Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri
Keypoint : Perkenalan  diri berguna untuk lebih mengakrabkan diri
2.       
Menyambut Keluarga klien dengan ramah
Keypoint : Sikap ramah akan membuat klien nyaman
CONTENT/ ISI

3.       
Memberitahu dan menjelaskan kepada pasien tindakan yang akan dilakukan
Keypoint : Penjelasan diperlukan agar klien memahami tindakan apa yang akan kita lakukan  sehingga tidak terjadi salah paham
4.       
Menyiapkan peralatan : handscoon bersih, gel pelican, botol specimen, lidi kapas, bengkok, perlak pengalas, tissue, tempat bahan pemeriksaan
Keypoint : Peralatan yang disediakan disusun secara ergonomis, agar mudah dalam menggunakan peralatan tersebut
5.       
Menjaga privasi pasien
Keypoint : Dilakukan dengan memasang sampiran, menutup pintu atau jendela
6.       
Mengatur posisi pasien (dorsal recumbent)
Keypoint : Posisi klien berbaring dengan posisi kaki ditekuk seperti hendak bersalin

7.       
Memakai handscoon
Keypoint : Pemakaian handscoon berguna untuk perlindungan diri bagi petugas kesehatan

Pengambilan specimen feses pada pasien yang tidak dapat beraktifitas

8.       
Telunjuk diberi gel pelican lalu dimasukkan ke dalam anus dengan arah ke atas kemudian diputar ke kiri dank e kanan sampai teraba tinja
Keypoint : Perhatikan ekspresi klien, jika klien merintih atau meringis, lakukan dengan lebih lembut dan pelan-pelan

9.       
Setelah dapat, dikeluarkan perlahan-lahan lalu dimasukkan ke dalam tempatnya
Keypoint : Feses yang dikeluarkan jangan sampai tercecer atau terkena zat lain seperti urine

Pengambilan specimen feses pada pasien yang dapat beraktifitas

10.   
Memberitahu  pasien untuk mengambil tinja dengan lidi kapas dan memasukkan ke tempat yang telah disediakan, jangan sampai tinja tercampur dengan air
Keypoint : Klien diminta untuk mengambil tinja sesuai dengan yang dibutuhkan dan tidak tercampur zat lain seperti urine
11.   
Bersihkan anus dengan kapas lembab dan keringkan dengan tissue
Keypoint : Setelah cebok, anus dibersihkan dengan kapas lembab dan tissue yang sudah disediakan
12.   
Rapikan pasien kembali
Keypoint : Memakaikan kembali pakaian dalam dan pakaian bawah seperti semula
13.   
Memberikan etiket yang jelas dan mengisi formulir pengiriman untuk segera dikirim ke laboratorium
Keypoint : Berisi nama, usia, jenis sampel, tanggal dan jam  serta jenis pemeriksaan
14.   
Membereskan alat
Keypoint : Alat bekas pakai dibuang ke tempat sampah yang sudah disediakan, alat-alat yang sudah terkontaminasi lalu di dekontaminasi.
15.   
Cuci tangan dalam larutan chlori 0,5 %, melepas handscoon secara terbalik
Keypoint : Melepas handscoon secara terbalik berguna agar kotoran tidak menempel ke tangan petugas kesehatan
16.   
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan dikeringkan dengan handuk bersih
Keypoint : Melindungi tangan petugas kesehatan dari kuman dan kotoran yang mungkin menempel
17.   
Melakukan dokumentasi tindakan yang telah dilakukan
Keypoint : Sebagai rahasia medik untuk  pertangggungjawaban kepada klien dan instansi
KONSELING PASCA TINDAKAN

18.   
Menjelaskan bahwa tindakan pengambilan feses sudah dilakukan
Keypoint : Agar ibu mengetahui bahwa tindakan sudah selesai dilakukan
19.   
Menjelaskan umpan balik hasil pemeriksaan dari laboratorium yang ditunjuk
Keypoint : Membacakan hasil pemeriksaan feses dari laboratorium  yang sudah ditunjuk
20.   
Mengucapkan salam dan terima kasih

TOTAL NILAI







CECKLIST / DAFTAR TILIK
PENGAMBILAN SPESIMEN FESES/ TINJA

Nama Mahasiswa      : ……………………………
Tanggal Ujian            : ……………………………
Tempat                       : ……………………………
Waktu Ujian              : ……………………………WIB
NO
LANGKAH
NILAI
1
2
3
SIKAP DAN PERILAKU



1.       
Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri



2.       
Menyambut Keluarga klien dengan ramah



CONTENT/ ISI



3.       
Memberitahu dan menjelaskan kepada pasien tindakan yang akan dilakukan



4.       
Menyiapkan peralatan : handscoon bersih, gel pelicin, botol specimen, lidi kapas, bengkok, perlak pengalas, tissue, tempat bahan pemeriksaan



5.       
Menjaga privasi pasien



6.       
Mengatur posisi pasien (dorsal recumbent)



7.       
Memakai handscoon




Pengambilan specimen feses pada pasien yang tidak dapat beraktifitas



8.       
Telunjuk diberi gel pelican lalu dimasukkan ke dalam anus dengan arah ke atas kemudian diputar ke kiri dank e kanan sampai teraba tinja



9.       
Setelah dapat, dikeluarkan perlahan-lahan lalu dimasukkan ke dalam tempatnya




Pengambilan specimen feses pada pasien yang dapat beraktifitas



10.   
Memberitahu  pasien untuk mengambil tinja dengan lidi kapas dan memasukkan ke tempat yang telah disediakan, jangan sampai tinja tercampur dengan air



11.   
Bersihkan anus dengan kapas lembab dan keringkan dengan tissue



12.   
Rapikan pasien kembali



13.   
Memberikan etiket yang jelas dan mengisi formulir pengiriman untuk segera dikirim ke laboratorium



14.   
Membereskan alat



15.   
Cuci tangan dalam larutan chlori 0,5 %, melepas handscoon ssecara terbalik



16.   
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan dikeringkan dengan handuk bersih



17.   
Melakukan dokumentasi tindakan yang telah dilakukan



KONSELING PASCA TINDAKAN



18.   
Menjelaskan bahwa tindakan pengambilan feses sudah dilakukan



19.   
Menjelaskan umpan balik hasil pemeriksaan dari laboratorium yang ditunjuk



20.   
Mengucapkan salam dan terima kasih



TOTAL NILAI


Petunjuk :
Ada 20 langkah yang merupakan kriteria penilaian pengambilan sampel feses
Peserta dievaluasi kompetensinya secara obyektif, denga kriteria:
0 : belum  kompeten : dila ada 1/lebih langkah tidak dikerjakan/ dikerjakan tetapi tidak  benar
1 : Kompeten : bila seluruh langkah dikerjakan sesuai kriteria
Catatan diberikan sebagai umpan balik bagi para peserta uji tentang letak kesalahannya.
Nilai batas lulus : 68 (B).
Catatan :
1 ...............................................................................................................................
2 ...............................................................................................................................
3 ...............................................................................................................................

                                                                                                                        Cirebon, ....... April 2013
                   Mahasiswa                                                                                                   Penguji
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
            (                                   )                                                                          (                                     )






 
Kebidanan Full Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template