Saturday 18 January 2014

Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil



Masa kehamilan adalah masa yang sangat penting bagi wanita untuk menunjukkan perannya sebagai istri yang sebentar lagi akan melengkapi perannya yaitu sebagai ibu dikala bayinya lahir. Banyak faktor yang berperan dalam kelancaran proses kehamilan sampai menjelang proses persalinan. 9 bulan bukan waktu yang sebentar, selama itu juga ibu hamil harus menjaga pola makannya, jenis makanan yang dikonsumsinya, makanan yang tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Calon ibu harus memperhatikan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya karena akan berperan bagi kesehatan ibu dan bayinya. Ada kasus ibu hamil yang kekurangan gizi, dikarenakan faktor kemiskinan, begitu menurut yang saya tahu. Tetapi makanan bergizi itu bukan berarti makanan yang mahal. Bisa saja kita siasati protein dari tahu dan tempe. Tidak harus mahal kok.
Oke, ada beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil, diantaranya :

1. Daging yang tidak berlemak
Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi, belilah daging tanpa lemak. Ketika membeli daging merah, sangat susah untuk mendapatkan daging yang bebas lemak. Dimasak sampai matang dan hindari memasak makanan dengan cara dibakar, karena dikhawatirkan dari asap-asap dan kayu-kayuan itu membawa bibit penyakit yang akan sangat memberi pengaruh buruk pada kesehatan ibu dan janin.


2. Ikan salmon
Bukan karena ikan salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, tapi salmon juga merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon ini baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Bahaya ikan lainnya bagi ibu hamil adalah kandungan merkury yang tinggi, dimana bisa berbahaya dalam proses pengembangan system saraf bayi.

3. Sayuran berdaun hijau
Banyak sekali manfaat sayuran untuk wanita hamil sudah tidak diragukan, terutama sayuran yang berwarna hijau tua. Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Sayuran juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan mata. Lagipula, sayuran mudah didapat dengan harga yang sangat ekonomis.

4. Buah-buahan beraneka warna
Makan berbagai buah dengan berbagai warna seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan. Karena terdapat banyak serat, buah-buahan juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan.
Masih banyak lagi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Next ditambah lagi. :) Semoga bermanfaat..
 

0 comments:

Post a Comment

 
Kebidanan Full Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template