RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEORI (RPP)/SAP
1. IDENTITAS
MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan Komunitas
Kode : BD. 305
Beban/Jumlah SKS : 4 SKS (T=1, P=3)
Penempatan : Semester IV
Jumlah minggu/pertemuan : 13/30
Nama Tim Dosen : Nurul Dini, Am.Keb
2. TUJUAN
MATA KULIAH :
3.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mahasiswa mampu
memahami, menjelaskan dan mengaplikasikan konsep kebidanan komunitas dan visi Indonesia
sehat 2010 sebagai landasan berfikir pelayanan kebidanan
4. MATERI
POKOK :
-
Konsep kebidanan komunitas
-
Pengertian/definisi
-
Riwayat
kebidanan komunitas di Indonesia dan beberapa Negara lain
-
Fokus/sasaran
-
Tujuan
-
Bekerja
di komunitas
-
Jaringan
kerja kebidanan komunitas
-
Visi Indonesia sehat 2010 sebagai
landasan berfikir pelayanan kebidanan
5. PERTEMUAN
KE- : 1
6. MATRIK
RPP :
Materi pokok
|
Kompetensi dasar (TIU)
|
Indikator/ criteria penilaian/TIK
|
Aspek
kompetensi
|
Waktu (menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
||
K
|
A
|
P
|
||||||||
Konsep kebidanan komunitas
Visi Indonesia sehat 2010 sebagai
landasan berfikir pelayanan kebidanan
|
-
- Mahasiswa mampu memahami tentang konsep
kebidanan komunitas
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang visi misi Indonesia Sehat 2010
|
-
Mahasiswa mampu mengetahui tentang konsep
kebidanan komunitas
-
Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian/definisi
kebidanan komunitas
-
Mahasiswa mampu menjelaskan riwayat kebidanan
komunitas di Indonesia dan beberapa Negara lain kebidanan komunitas
-
Mahasiswa mampu menentukan fokus/sasaran kebidanan
komunitas
-
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan kebidanan
komunitas
-
Mahasiswa mampu memahami bekerja di komunitas
-
Mahasiswa mampu memahami tentang jaringan kerja
kebidanan komunitas
-
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Visi Indonesia
sehat 2010 sebagai landasan berfikir pelayanan kebidanan
|
√
|
90 menit
|
Ceramah
Tanya jawab
|
Visual
-LCD
-Laptop
-Modul
|
Tanya jawab
|
BU, BA
|
7. LANGKAH
PEMBELAJARAN :
Langkah
|
Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pendahuluan
|
-
Mengucapkan salam
-
Melakukan apersepsi
-
Menanyakan kepada mahasiswa pengetahuan dasar
tentang materi yang akan diajarkan
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
-
Materi diberikan dengan metode ceramah
-
Alat yang digunakan OHP, layar, laptop
-
Mahasiswa boleh bertanya di sela-sela pemberian
materi
|
60 menit
|
Penutup
|
-
Menyimpulkan materi yang sudah diajarkan
-
Bertanya kepada mahasiswa apakah sudah mengerti
akan materi yang sudah diajarkan
-
Mempersilahkan kepada mahasiswa jika ada yang
ingin bertanya
-
Bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang
sudah diajarkan
-
Memberikan saran kepada mahasiswa untuk belajar
mandiri di rumah masing-masing
-
Mengucapkan salam
|
20 menit
|
Jumlah
|
90 menit
|
8. Bahan
Ajar / Hand out
Tanda tangan Kajur/Kaprodi Tanda
tangan Tenaga Pendidik
----------------------------------- -------------------------------------
0 comments:
Post a Comment